Cara Hitung Persen(%) Gimana Sih?

Written By INFOWARNATEAM on Monday, 12 December 2011 | 8:18 am


Cara Hitung Persen(%) Gimana Sih? - Libur semester sudah tiba Natal dan menyambut Tahun Baru 2012 sudah dekat, teman-teman sebagian sudah pulang ke kampung halaman mereka masing-masih untuk berkumpul sanak saudara, keluarga, dan teman-teman lama dan dapat merayakan natal dan tahun baru bersama. Betapa senangnya saat-saat seperti itu, dimana sudah tak berjumpa selama satu tahun, dan kembali ke kampoeng halaman masing-masing dengan berbagai cerita dan pengalaman kita bagikan buat mereka.


Ok! Kita kembali ke topik awal dimana saya akan berbagi cara menghitung persen, saya sendiri bigung dengan persenan(%) ini juga, kita akan coba pelajari sama-sama.


Persen atau istilah lain per-peran yang pernah kita dapat dari materi sekolah dulu, karena ingin tahu kembali bagaimana cara mencari/menghitung persen, akhirnya mencoba untuk mempelajarinya kembali dan pastinya tidak hanya satu sumber saja yang saya gunakan, tetapi banyak mulai dari internet sampai buku saya mengacak-acak(pelajari) dan hasilnya cukup membantu saya dalam menagani dalam perhitungan persen. Dan berikut juga saya mau berbagi juga buat teman-teman yang ingin mempelajari atau ingin tahu cara perhitungan persent.


Pengenalan singkat tentang persen.

Pesen adalah Per100(semua sudah tahu itu) dengan rumus Jumlah yang ingin dicari - Bagi jumlah – jumlah keseluruhan dikali, dan akan didapat hasilnya dan itu persennya.

Rumus:


Contoh Kasus 1:

Saya dan temen saya lagi bisnis ceritanya nih! sebut saja temen saya Mr.O dan saya Mr.I bisnis kami adalah jual Modem. Katanya bisnis cukup lumayan besar dan modem sudah terjual sebesar Rp.400.000,00. dan saatnya pembagian hasil penjualan modem tersebut. Saya mendapat Rp.150 dari dari penjualan modem tersebut, dan yang menjadi pertayaan berapa persen yang didapat Mr.O? kita gunakan rumus diatas, berikut detailnya:
  • Part 1
(Cara 1). 150:400= 0.375.
(Cara 2). 150x100%= 15.000 400
  • Part 2
(Cara 1). 0.375x100= 37.5%
(Cara 2). 15.000:400= 37.5%
Jadi hasil yang dimiliki Mr.O adalah 37.5% dari jumblah Rp.400(62.5%) tadi diatas, gimana mudah bukan?


Contoh Kasus 2:

Mr.O punya 50 mangga, dan 10 buah didiberikan kepada anaknya yang pertama, artinya anak pertama dapa, pertanyakannya berapa persen sisa mangga Mr.O? pasti sudah tertaebak berapa sisanya, berikut detailnya:

10 itu angka yg mau dicari persenannya, sementara 50 itu angka yang menunjukkan semua bagian atau 100%nya. Kalau didesimalkan atau pecahan biasa (100% itu = 1) jadi kalau 0,2= 20 %.


Contoh Kasus 2:

Ayah Andi untung Rp.1000.000, kata ayah Andi Rp.150.000 akan diberikan aku(andi). So berapa persen yang akan didapat Andi?
Berikut cara penghitungaannya:
1. 100:1000.000x150.000=.....%
2. 100x150.000:1000.000=..?
3. 15.000.000/1.000.000=15%
Beikut ini contoh yang lebih yang lebih simple 3 dari 12 itu berapa persen hasilnya?
1. 100x3:12=..?
2. 100x3=300
3. 300:12=25%
Jadi hasil contoh kasus 2 Andi mendapat 15% dari Rp.1000.000 keuntungan yang didapat ayah andi sedangkan contoh duanya 25%. Bagaiman gampang bukan.

Contoh Kasus 3:

Dan berikut contoh kasus ke3 dan yang terakhir tentang bagaimana kita mencari tahu Persen ke Desimal langsung saja kita lihat cara kerjanya:
  • Contoh 1:
Kita akan mencari 5% dari 300, rumusnya adalah:
5:100 = 0.05 x 300 = 15.
Jadi hasilnya adalah 15.
  • Contoh 2:
37.5% dari 400, rumusnya adaah:
37.5:100 = 0.375x400 = 150.

Bagaimana? Cukup mudah bukan teman-teman semogga membantu postingan kali ini, Sampai disini dulu semoga menjadi catatan dan pelajaran buat saya dan Anda/teman-teman semua, samapi ketemu dipostingan berikutnya.

5 comments:

Anonymous said... Reply

Tanks!

ahmad nur said... Reply

@Anonimtulisan happy newe year di kiri dan kanan bikin tulisan gak bisa dibaca seluruhnya...ngganggu

Petu Boy said... Reply

@ahmad nur Berarti masalah di LCD bang! di komputer dan laptop saya biasa aja..!

cytotec said... Reply

Terimaksih, sangat bermanfaat

Amira Girl said... Reply

masih ga mudeng sama rumusnya.bisa lebih di simple kan ga?