Friday 14 January 2011

Kategori:

Sarjana [S1] - Pedidikan Teknik Informatika dan Komputer

Teknik Informatika dan Komputer

Dalam kurun waktu tiga tahun ke depan, Indonesia diperkirakan akan membutuhkan 67.794 guru pengajar mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi atau Information and Commucation Technology (ICT). Jika asumsi yang dipakai satu sekolah dua guru, maka khusus untuk SMP dan SMA/SMK saja dibutuhkan 66.072 guru berbasis Teknologi Informasi. Belum lagi di tambah kebutuhan guru pada level Sekolah dasar yang jumlah sekolahnya jauh lebih besar ketimbang SMP dan SMA/SMK. Namun persoalannya ketersediaan guru yang memiliki kompetensi Teknologi Informasi tersebut masih sangat rendah.

Dilain pihak perhatian terhadap profesi guru saat ini terus mendapat tempat yang terhormat. Hal ini dibuktikan dengan gaji guru yang terus menerus naik melebihi gaji Pegawai Negeri Sipil maupun Dosen. Untuk seorang guru yang memiliki masa kerja 0 tahun dihargai minimum sebesar Rp. 2.500.000., sedangkan guru ditempat terpencil maka mendapatkan gaji sebesar Rp. 5.000.000.

Mempertimbangkan kondisi diatas, maka Fakultas Teknologi Informasi – UKSW membuka Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan guru dalam bidang Teknologi Informasi. 

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER.

Adapun profil lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Informatika mampu menguasai dan dapat mengembangkan minimal 2 bidang di bawah ini.
  1. Praktisi Pendidikan Teknik Informatika
  2. Konsultan Pendidikan Teknik Informatika
  3. Project Manager
  4. Guru di Bidang Teknik Informatika
  5. Programmer
Bidang-bidang tersebut di atas adalah bidang-bidang yang sedang dibutuhkan oleh dunia kerja saat ini. Bidang-bidang tersebut akan dikembangkan dalam matakuliah pada kelompok MPB dan MBB dengan porsi praktek/tugas mandiri yang cukup untuk berkarya dalam masyarakat.

Berdasarkan pemahaman diatas, maka Kosentrasi yang disediakan dalam Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer adalah :
  1. Teknik Informatika
  2. Sistem Informasi
  3. Multimedia

0 comments:

Post a Comment