Wednesday 9 February 2011

Kategori: ,

Definisi dan Gambaran Umum Database


Gambaran Umum DatabaseSecara sederhana penyusunan sistem database adalah bagaimana membangun suatu kombinasi dari input, proses dan output yang akan dihasilkan. Program input adalah bentuk tampilan form yang dapat kita lihat langsung sebagai mediasi untuk memasukkan data, yang selanjutnya akan diolah oleh suatu sistem aplikasi yang telah dirancang dan diprogram untuk memproses data yang secara kasat mata tidak terlihat akan tetapi merupakan bagian terpenting dalam penyusunan suatu sistem database guna memproses data yang telah dimasukkan untuk menghasilkan suatu bentuk output yang sesuai dengan rancangan output yang diinginkan. 

Beberapa teori secara umum atau istilah yang sering kita temui dalam penyusunan suatu bentuk sistem database :

1. Data
Adalah suatu nilai/value yang dapat merepresentasikan gambaran dari suatu objek atau kejadian (event).

2. Database
Dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam suatu perusahaan kita pun telah melakukan suatu pekerjaan database secara manual, pengelolaan dan penyimpanan data secara teratur berdasarkan urutan tertentu (berdasarkan abjad, nomor urut, tanggal, jenis proyek, dan lain-lain) merupakan suatu pekerjaan yang menggunakan sistem database.

Sedangkan database secara elektronik adalah kumpulan dari item data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu, tersimpan di dalam perangkat komputer dan dengan menggunakan sistem aplikasi pengolahan database dapat dilakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu. Secara elektronik pengelolaan dan penyimpanan data secara elektronik
mempunyai menfaat jauh lebih banyak dari pada pengelolaan dan penyimpanan data secara manual, dengan sistem database secara elektronik akan banyak dikurangi terjadinya duplikasi data dan tentu saja benyak mengurangi pemborosan tempat penyimpanan luar.

3. Informasi
Merupakan hasil dari pengolahan dari satu atau beberapa data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) yang
digunakan untuk pengambilan keputusan.

4. Sistem Informasi
Adalah merupakan kombinasi dari beberapa komponen yang terotomasi yang terdiri dari personil atau orang-orang yang mengoperasikan sistem, menyediakan masukan, mengkonsumsi keluaran dan melakukan aktivitas manual yang mendukung sistem, fasilitas komponen lain berupa teknologi, media serta prosedur-prosedur untukmemproses data maupun informasi, guna menyediakan suatu dasar informasi yang lebih bermanfaat untuk pengambilan keputusan.

Beberapa komponen sistem informasi antara lain :

a. Hardware
Yang terdiri dari keyboard dan mouse yang digunakan sebagai alat untuk penginputan data, monitor untuk menampilkan secara visual apa yang sedang kita kerjakan untuk penginputan data maupun untuk melihat hasil atau output yang dihasilkan, Central Processing Unit (CPU) adalah sebagai pusat proses terutama untuk memproses hasil masukan selain sebagai pusat pengontrol dari seluruh komponen yang terhubung, disk (CD, disket, flashdisk, tape) sebagai alat untuk menyimpan data atau dapat juga disebut sebagai alat untuk mengiput data melalui transfer data, dan printer sebagai alat untuk mencetak hasil proses berupa laporan ataupun informasi lain yang diinginkan.

b. Software
Yang terdiri dari Sistem Operasi (misal: windows atau linux), sistem database (db2, foxpro, sql, oracle dll.),
program pengontrol komunikasi jaringan, dan program Aplikasi yang digunakan untuk mengoperasikan sistem sesuai kebutuhan (misal: msoffice).

c. Personil
Adalah yang orang menjalankan dan mengoperasikan sistem, menyediakan masukan, mengkonsumsi dan
memanfaatkan hasil keluaran / output dan melakukan aktivitas manual lainnya guna mendukung sistem.

d. Data
Adalah hasil masukan maupun hasil transfer dari media lain (disk) yang tersimpan dan dapat dimanfaatkan pada waktu tertentu.

e. Prosedur
Merupakan instruksi dan kebijakan untuk mengoperasikan sistem.

NB: Maaf, lupa mencantumkan link, bila ada yang memiliki artikel sama deskripsi diatas silahkan tinggal pesan komentar agar bisa disertakan agar menjadi sumber refresi bagi pembaca lainnya.

0 comments:

Post a Comment