Thursday, 24 February 2011

Kategori: ,

WISATA: Berkunjung ke Gonoharjo

Sumber air panas Margotopo I.
{Foto oleh Prita Y. Puspita}
Pemandian Air Panas Gonoharjo berada di Desa Nglimut, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Mungkin masih asing di telinga kita. Padahal, objek wisata yang dikelola pemerintah daerah ini menawarkan keindahan alam yang menyejukkan hati. Di antaranya, kolam pemandian air panas, air terjun, serta udara segar pegunungan. 

Letak Pemandian Air Panas Gonoharjo berada di utara kaki Gunung Ungaran, kira-kira 10 kilometer dari ibukota Kecamatan Limbangan. Tempat ini cukup sulit dijangkau bila tak menggunakan kendaraan pribadi. Angkutan umum pedesaan sangat jarang lewat.

Sebagai objek wisata, Gonoharjo baru diresmikan pada 21 Februari 2008. Meski demikian, sebelum peresmiannya pun, banyak orang — terutama kawula muda — yang menjadikan Gonoharjo sebagai tempat favorit untuk menghabiskan akhir pekan.

Anda dapat menikmati berbagai fasilitas di Gonoharjo dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 9 ribu. Kolam pemandian air panas yang ditawarkan sebagai wahana utama di Gonoharjo terletak sekitar 700 meter dari pintu masuk. Kolam ini menampung air panas yang memancar dari sumber yang tak jauh dari kolam. Penduduk sekitar menyebut sumber tersebut dengan nama Margotopo I.

“Air di kolam pemandian ini keruh dan agak bau karena telah tercampur dengan belerang. Tetapi air di sini berkhasiat untuk menghilangkan gatal-gatal,” terang Khoerin, salah satu pengunjung yang lagi asyik berendam bersama dua anaknya.

Sumber air panas Margotopo I.
{Foto oleh Prita Y. Puspita}
Anda bisa melanjutkan perjalanan ke wahana air terjun yang berjarak 1,5 kilometer dari kolam air panas. Di tengah perjalanan, Anda akan bertemu reruntuhan candi yang disebut Candi Argosumo, patung Ganesha, serta dua buah pancuran air yang memancarkan air bersih.

Wanto yang berjualan di sekitar lokasi Pemandian Air Panas Gonoharjo menuturkan, “Kumur dan cuci muka tiga kali di pancuran air itu berkhasiat sebagai obat awet muda, membuat otak lebih segar, dan mudah dalam menerima materi pelajaran.” Kepercayaan akan hal ini rupanya telah berlangsung turun-temurun di kalangan warga sekitar Gonoharjo.

Puncak dari perjalanan ke Gonoharjo adalah wahana air terjun. Deras air yang jatuh dari puncak tebing mampu memanjakan mata dan menghilangkan semua kelelahan. Kejernihannya membuat pengunjung begitu semangat untuk bermain air. Pengunjung, yang sebagian besar datang bersama pacar, mengatakan bahwa Gonoharjo merupakan tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan akhir pekan.

Source: http://scientiarum.com/2008/10/25/berkunjung-ke-gonoharjo/

0 comments:

Post a Comment