Saturday, 9 April 2011

Kategori: ,

PGSD FKIP Gelar LKTI se-Jawa

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menggelar Seminar Hasil Penelitian Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) PGSD se-Jawa, di Balairung Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Kamis (7/4).
Acara yang merupakan salah satu program Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) PGSD ini, diikuti sejumlah Perguruan Tinggi se-jawa, diantaranya Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Muhammadiah Purwokerto (UMP), Universitas Negeri Solo (UNS), Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan tim UKSW.
Seleksi LKTI diselenggarakan mulai bulan Januari lalu. Sebanyak 5 karya tulis ilmiah berhasil lolos dari 12 karya yang masuk. Bertindak sebagai juri dalam presentasi di babak final adalah Prof. Dr. Slameto, M.Pd Dosen PGSD UKSW, Prof. Dr. Sutriyono, M.Sc Dosen Psikologi UKSW serta Prof. Dr. Retno inarni, M.Pd dari Universitas Sebelas Maret (UNS).
Dalam LKTI ini, Juara I berhasil diraih Tim dari UKSW. Sedangkan Juara II dan III berturut-turut diraih oleh UNNES dan UNS. Juara I berhak mendapatkan thropy dan uang pembinaan senilai Rp 1.500.000,00, sedangkan juara II dan III mendapatkan uang pembinaan masing-masing Rp. 1.000.000 dan Rp. 750.000 beserta trophy.
Mengangkat tema “Perkembangan Pendidikan dalam berbagai Inovasi”, peserta LKTI dituntut untuk mampu memberikan kontribusi bagi perubahan yang inovatif melalui karya tulis yang dihasilkan.
Pemanfaatan Media Audio Visual
Mengangkat judul “Inovasi Pendidikan dengan Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 02 Tuntang, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah” tim dari UKSW yang beranggotakan Erna Novianti, Ida Sulistyarini, dan Sri Budi Warningsih berhasil meraih juara I.
Judul yang mereka angkat berawal dari nilai IPA siswa kelas V SD 02 Tuntang yang rendah serta metode pembelajaran yang kurang menarik. Mahasiswa PGSD ini kemudian melakukan penelitian dengan sebuah metode belajar yaitu pemanfaatan Video Pembelajaran Interaktif. Dalam video pembelajaran interaktif tersebut, mahasiswa PGSD UKSW menyampaikan materi pembelajaran IPA dengan teknik animasi sehingga lebih menarik perhatian siswa untuk mempelajarinya.
Setelah dua bulan penelitian berlangsung, nilai IPA siswa menunjukan adanya peningkatan. Sebelum diberikan video pembelajaran interaktif, tercatat nilai terendah siswa 5,5 dan nilai tertinggi 95. Setelah 2 bulan, nilai siswa meningkat, nilai terendah adalah 90 serta nilai tertinggi 100.
Rektor UKSW Prof. Pdt. John A. Titaley, Th.D secara resmi membuka seminar ini. Dalam sambutannya, John A. Titaley menghimbau kepada peserta bahwa sebagai mahasiswa dituntut untuk lebih giat dalam menulis karya ilmiah ilmiah. 
Sumber : lk-fkip

0 comments:

Post a Comment