Saturday 15 February 2014

Kategori: , ,

Bagaimana Cara Menghitung IPK?

Bagaimana Cara Menghitung IPK?
Cara Menghitung IPK - Sudah lama sekali tak bersua yah selain sibuk-sibuknya praktek ada juga target yang pingin di capai dan target itu masih berhubungan dengan postingan kali ini yah IPK, entah kenapa bertanya-tanya dalama diri kok bisa saya cuman mendapat sekian? munkin banyak faktor yang membuat saya pribadi harus menerima nilai itu, itu diantaranya mungkin kurangnya berproses belajar yang salah ataupun apakah mungkin memang kesalahan pribadi dalam metode belajar salah #merenung

Berikut ini saya mau share dan buat catatan pribadi sih sebenarnya tentang Bagaimanakah Cara Perhitungan IPK atau Bagaimana menghitung IPK?. Ini berdasarkan perhitungan di kampus saya tidak tahu kalau di kampus lain atau sama ataukah berbeda atau mungkin berbeda tapi tak sama #bilang #saja #gak #samasekali -_- 

IPK atau yang biasa di sebut Indeks Prestasi Komulatif #emang #kepanjangan #itudul biasa cara menghitungnyaa [AK : SKS = IP].


  • Cara Menghitung IPS/IPK
[AK : SKS]
Contoh: Jumlah total sks saya 11 dan total ak 36 setelah kita ketahui gampang saja tinggal kita ikuti rumus diatas [36 : 11 = 3.27] jadi kita sudah tahu IPK(3.27) kita, mudah bukan?

Oh iya! jangan lupa juga dengan pemahaman nilai mutu: 

A : 4
AB : 3.5
B : 3
BC : 2.5
C : 2
CD : 1.5
D : 1
E : 0

Jika ada pertanyaan pada siasat (sebutan sistem akademik kampus saya) Kenapa sih *Nilai A di AKnya bisa jadi 12.0 atau Nilai B AK(angka komulatif) menjadi 9.0?  Caranya gampang banget untuk mencari tahunya yang penting kita paham dulu angka mutunya.


Contoh: Misalnya kita mendapat Nilai dari mata kuliah tertentu misal adalah *Nilai A. Kemudian A itu di kalikan dengan SKS yang kita ambil (permatakuliah 3 atau 2 sks). Misalnya disini kita jumlah sksnya 3 misal, jadi *A = 4, *SKS = 3. Berarti bila ingin mengetahui *AK tinggal kita kalikan saja [4(A) x 3(SKS) = 12(AK)].



Jadi jika ingin mencari angka komulatif (AK) [Angka mutu X perSKS].

Baimana? mudah bukan? semoga membantu dan selamat mencoba dan Tuhan Yesus Memberkati :)

0 comments:

Post a Comment