Monday, 23 May 2011

Kategori: ,

Program Matlab 7.0 (Tugas Praktikum ALDM)

Tadi pagi, setelah perkuliahan matakuliah praktikum Pemograman Berorientasi Objek(PBO) jam 07-09.am diLab. E201b. Akhirnya aku masuk kelas lagi, tepatnya di kelas praktikum  Aljabar Linear & Matriks(ALDM) yang ruangnya tak jauh dari kelas praktikum ALDM tempatnya di gedung E lab.E250. Setelah beberapa lama kami pengenalan silabus dan materi pertama, ahirnya kami mendapat tugas untuk mencoba program Matlab, dengan materi-materi yang kita pelajari tadi di kelas.

Karena ini adalah awal perkuliahan, suasana kelas pecah dari suara keheningan. Asdos(asisten dosen) semeter ini kelas pratikum kami mendapat asdos perempuan, namanya kak "Cyntia Cheila" tapi saat perkenalan di kelas ia meperkenalkan diri dengan sapaan "Sheila"(detail foto klik aja full namenya)

Itu tadi hanya sekedar info saja untuk menuh-menuhin tulisan ini saja, langusng saja. Sebenernya saya ingin berbagi software Matlab 7.0 buat  temen-temen yang butuh yang mengambil matakuliah ALDM. Ingat, hanyak yang mengambil matakuliah ALDM dan untuk serial numbernya silahkan mintak langsung ke laboran.

Memang sih sudah ada Matlab v7.11 yang terbaru, tapi tidak salahnya saya berbagi juga. Berikut ini tapilan utama Matlab 7.0 saat install.
Matlab v7.0

Maaf jika tulisannya amburadul, selamat belajar.

Catatan
Untuk menginstal Matlab 2007 ke windows 7

  1. Ubah tema windows 7 menjadi clasic (windows klasik) 
  2. Sekarang install Matlab, maka akan berjalan dengan lancar.

Untuk menggunakan Matlab dengan tema windows 7 yang lain atau berbeda. Teman-teman harus mengubah java yang digunakan oleh matlab.

  1. Download java versi terbaru dan kemudian install pastinya. 
  2. Pergi ke C:\Program Files\MATLAB\R2007a\sys\java\jre\win32 teman-teman, kemudian akan menemukan sebuah file bernama jer1.5.0_07 rename menjadi Original_jer1.5.0_07 
  3. Terus pergi ke C:\Program Files\Java teman-teman, maka akan menemukan file bernama jet6 (JetX untuk Xversion) copy ke C:\Program Files\MATLAB\R2007a\sys\java\jre\win32 dan mengubah namanya menjadi jer1.5.0_07.
Sekarang teman-teman dapat menggunakan Matlab dengan semua tema Window 7.

0 comments:

Post a Comment