Thursday 15 November 2012

Kategori: , ,

Ubuntu: Mengembalikan Burg Bootloader di Ubuntu 12.10 yang Hilang


Ubuntu 12.10 - Tidak terasa sudah lama sekali jarang update di blog warna rasa ingin curhat, tetapi itu tidak akan saya lakukan teman-teman, okey! baik begini, seui judul diatas sudah pada tahu apa postingan ini di buat yang pasti, pertama; ingin berbagi, kedua; membuat catatan saja.

Ini adalah cara mengembalikan bootloader Ubuntu yang tertimpa bootloader milik windows, hal ini biasa terjadi teman-teman, pada kasus dimana kita memilik dua OS dalam satu PC/laptop bila mana OS Windows mengalami gangguan dan kita menginstall ulang maka hal ini akan teman-teman alamin berbeda halnya bila teman-teman mengsintall ulang Ubuntu yang namanya tertimpa bootloader OS lain gak bakalan terjadi kan Ubuntu baik hati :))

Berikut caranya dalam mengembalikan bootloader yang hilang/ketimpa/apalah itu, pastikan teman-teman memiliki CD Ubuntu dengan versi yang teman-teman gunakan, misal punya saya 12.10 atau tidak memiliki CD Ubuntu setidaknya teman-teman memiliki OS.iso-nya, kemudian gunakan Yumi(download kalau gak punya, free) untuk membuatnya, extrak ke flasdisk teman-teman untuk membuat Live CD dengan Flashdisk(bila bingung searching aja di google).

Masuk ke BIOS setting flasdisk yang menjadi booting pertama, setelah itu bila sudah terbaca Yuminya pilih OS Linux, kemudian ada dua pilihan antara Install dan Demo CD, pilih demo cd saja dan selamat kamu sudah masuk Live CD Ubuntu. Buka terminal Ctrl+Alt+T, karena kita harus menjadi superuser di live CD ini teman-teman harus ganti passwordnya cara:

Ketik
#sudo passwd root
(enter dan ganti passwordnya, bebas kalian yang penting mudah di ingat).

Ketik: 
sudo fdisk -l 
(untuk melihat berada dimana letak bootloader teman-teman, liat bambar).


    Kalau di gambar diatas ini berada di /dev/sda7 sedangkan punya saya tadi di laptop saya berada di /dev/sda3 jadi beda-beda tergantu laptop/PC teman-teman, mudah-mudahan sama biar gampang nyobanya.

    Kemudian ketik perintah ini:
    sudo mount -t ext4 /dev/sda7 /mnt/
    sudo mount -t proc proc /mnt/proc/
    sudo mount -t sysfs sys /mnt/sys/
    sudo mount -o bind /dev/ /mnt/dev/
    sudo chroot /mnt /bin/bash

    Ketik saja hingga nanti bentuk susunannya tetap seperti itu, perhatikan pada gambar, tetapi itu gak jadi patokan, punya saya pas di proc proc /mnt/proc/ gak sama seperti gambar dibawah kok, ada riport beberapa baris gitu.

    Setelah sudah mengikuti langkah diatas teman-teman tinggal mengembalikan BURG teman-teman yang ketimpa milik Windows itu.

    Ketik:
    grub-install /dev/sda
    Setelah sudah kita sekarang menentukan lokasi bootloader Ubuntu kita, karena punya saya berada di sda3 atau pada gambar berada di sda7 maka kita ketikan perintah berikut ini.

    Ketik:
    grub-install /dev/sda3 (punya saya)
    grub-install /dev/sda7 (contoh gambar)

    Bila semuanya sudah kamu lakukan langkah-langkah diatas, coba restar walaupun mengalami terjadi pesan error pas langkah terakhir ataupun tidak error coba restar dulu, dan lihat hasilnya. Apabila langkah-langkah diatas gagal atau tidak berhasil berarti kamu belum beruntung dan coba ikuti tutorial di blog/website lain, googling banyak, ini hanyalah tutorial catatan saya dan yang saya coba berhasil dan bila tidak berhasil saya lakukan buat apa saya tulis ulang tutorial ini :))

    Bila kamu inigin tampilan burg kamu terlihat keren dengan menggunakan dua OS atau bahkan lebih dan berbeda pada saat booting seperti ini.

    Coba cek ke .help.ubuntu.com/community/Burg atau bisa cari refrensi di blog-website lain, semoga catatan sinkat dan sangat-sangat singkat ini bisa menjadi info buat teman-teman pembaca dan menjadi buku catatan online saya pribadi.

    Refrensi:
    Tutorial 1 - Mengembalikan Burg loader Ubuntu.
    Tutorial 2 - Mengembalikan Burg loader Ubuntu.
    Tutorial 3 - Help Ubuntu

    0 comments:

    Post a Comment